superbonus

Channel TV »


1tvone 1metro1antvbltv1sctvfajarit-sky24

Photobucket

16 Jun 2009

Sakit Maag, Hindari Makanan Ini


Virgin.co.nr – Setiap manusia hampir pasti pernah mengalami sakit perut. Baik yang ringan maupun yang berat. Seringkali kita mengganggapnya sebagai sakit maag, atau yang dikenal dalam dunia kedokteran sebagai dispepsia (karena istilah “maag” dalam bahasa latin berarti lambung). Sakit maag atau nyeri ulu hati dapat disebabkan oleh banyak hal. Namun seringkali karena anda makan tidak teratur. Perut yang kosong dapat mengkibatkan nyeri pada ulu hati akibat peningkatan asam lambung. Jelaslah bahwa untuk pencegahan masalah lambung/ perut1nyeri ulu hati sebaiknya makan teratur dengan porsi sedikit namun sering dan bila keluhan nyeri tersebut sudah ada , maka beberapa jenis makanan ini sebaiknya dihindari karena dapat menambah iritasi lambung, memperberat fungsi saluran cerna, serta dapat menghasilkan banyak gas dalam saluran cerna yang dapat menambah kembung perut anda .

Diagnosa :

Pada pasien yang dicurigai adanya gangguan pada lambung, dapat dilakukan berbagai pemeriksaan tambahan antara lain :

* Pemeriksaan darah, untuk melihat adanya antibodi H. pylori dalam darah. Hasil tes yang positif menunjukkan pasien pernah kontak dengan bakteri tersebut, namun belum tentu terinfeksi.
* Pemeriksaan pernapasan, tes ini dapat menentukan apakah pasien terinfeksi H. pylori atau tidak.
* Pemeriksaan feses, untuk melacak secara pasti bakteri H. pylori dan juga apakah ada darah pada feses.
* Endoskopi saluran cerna atas. Tes ini dapat melihat ketidaknormalan pada saluran cerna atas secara langsung. Jika terllihat adanya jaringan yang mencurigakan, maka dilakukan tindakan biopsy.

Beberapa makanan yang sebaiknya anda hindari saat nyeri lambung melanda : Ketan , bulgur, jagung, ubi-ubian, daging merah, daging / ikan yang diawet, kacang-kacangan, santan, goreng-gorengan, sayuran mentah, kol, kembang kol, sawi , namngka, oyong, kangkung, daun singkong, sayuran banyak serat, buah-buahan segar/ mentah ( kecuali pepaya dan pisang masak ) , buah yang dikeringkan ( kismis, korma ) soda, alkohol, bumbu tajam, susu , kopi.

| More

Baca Juga



Comments :

0 komentar to “Sakit Maag, Hindari Makanan Ini”

Posting Komentar

Photobucket

Cafe Sehati


Aries :

ADS


Masukkan Code ini K1-BFA733-1
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com


 

Copyright © 2009 by X-tra Life Powered By Blogger Design by ET